INI ADALAH BUDAYA SUNDA, DUNIA SUNDA SATU JUTA TAHUN YANG LALU, NENEK MOYANG KITA MENCIPTAKAN BUDAYA DUNIA.

Kamis, 04 Juli 2013

INI ADALAH BUDAYA SUNDA, DUNIA SUNDA SATU JUTA TAHUN YANG LALU, NENEK MOYANG KITA MENCIPTAKAN BUDAYA DUNIA.


INI ADALAH BUDAYA SUNDA, DUNIA SUNDA SATU JUTA TAHUN YANG LALU, NENEK MOYANG KITA MENCIPTAKAN BUDAYA DUNIA.diunduh dari Kang Ahmad Yanuana SamanthoDitulis oleh: Yana Sastra, New York USA, Urang Sunda Asli.Engké, mun geus témbong budak angon! Ti dinya loba nu ribut, ti dapur laju salembur, ti lembur jadi sanagara! Nu barodo jaradi gélo marantuan nu garelut, dikokolotan ku budak buncireung! Matakna garelut? Marebutkeun warisan. Nu hawek hayang loba; nu boga hak marénta bagianana. Ngan nu aréling caricing. Arinyana mah ngalalajoan. Tapi kabarérang”
Kitab Weda dari India adalah kitab yang dibukukan oleh para pendeta, dan usianya jauh lebih tua daripada Injil, Jabur dan Taurat. Menurut saintis dari India, Kitab Weda yang di tulis adalah dari kumpulan ajaran SUNDA WIWITAN salah satu role model di JABAR bagian dari SUNDA NUSANTARA. Salah satau contoh ada ajaran RAMA YANA , RAVANA dan SHINTA banyak sekali kesmaan nama di India dan Tatar Sunda Misal RAMA, RESI dan RATU jelas ada di Sunda awal ,dari bahasa menjadi RAMA YANA, begitu juga MAHA BRATA dll. SUNDA adalah arti SHINDU di India dari nama sungai yang di keramatkan sebagai KABUYUTAN, Shindu adalah HINDU menjadi bagian budaya HARAVA di India dan mejadi kegiatan agama India. Rama-Rasi-Ratu mengadakan perjalanan / DARMA WAWAYANGAN WAE di sungai SHINDU membuat budaya HARAVA yang asalnya dari SUNDALAND atau ATLANTIC.
Suatu bukti nama-nama gunung ada penamaan dari cerita wayang model Gn. Wayang dan Gn. Arjuna dll, bangsa Sunda terikat dengan keadaan alam model Gunung sebagai tempat SEMBAH-HYANG/ solat, gunung ibarat mesjid, temple, church, sebagai KABUYUTAN terutama yang paling ujung gunung/ MANDALA NYUNGCUNG , sementara yang tengah MANDALA BEUTEUNG, yang bawah MANDALA LARANG (TILU TANGTU).Ini pituduh leluhur / karuhun jaman Prabu Silwangi dan sebelumnya: “LAIN MUJA GUNUNG, WULAN, RA ; TAPI DUA WUJUD NU BEDA NGA HIJI JEUNG NU NYIPTA  (bukan nyembah gunung, bulan , matahari ; tapi ada dua wujud yang berbeda menyatu dengan penciptanya (GUSTI) = TILU TANGTU /1. GUSTI , 2.ALAM JAGAT RAYA , 3.MANUSIA)Bila suatu saat di mana gunung sebagian besar berapi dengan pusernya magma di dalamnya adalah energy / daya penghangat BUANA , maka untuk menstabilkan rotasi bumi terkait dengan planets lain model RA / matahari, jupiter, mars dll ribuan bintang2, Magma yg suatu saat memuntahkan lahar panas dengan letusan yang dahyat, maka gunung menjadi siloka (metafora) yang menjadi dasar filosofi kehidupan bangsa Sunda. Munculnya GUGUNUNGAN dalam cerita wayang sebelum cerita RAMAYANA atau MAHA BRATA di ceritakan oleh KI DALANg.Demikan RA akan menjadi sumber malapetaka bila matahari mendekat ke bumi dan akan kering , manusia jadi kerupuk/ sate dengan panasnya , juga air memuai dari perut bumi, dan juga menjauhnya Wulan dari rotasinya akan menajadi PUNDUNGNYA/AMARAH/BENDU alam semesta kalau manusa tidak memelihara keseimbangan hidup.
Suatu contoh urang Baduy Kanekes Banten yang mempertahan ajaran SUNDA WIWITAN  lebih memelihara kesimbangan alam dalam filosofi yang termashur PONDOK TONG DI SAMBUNG, PANJANG TONG DI TEUKTEUK (pendek jangan di sambung, panjang jangan di potong.)
Itulah Sunda WIWITAN memelihara keseimbangan kehiduapan di buana melalui alamnya berupa meresapi ACI PATI ALAM dari RA, Gunung, da WULAN dan planet lain di jagat raya semua menjadi KITAB SUCI SUNDA WIWITAN,
Bacalah/IKRA/IKRAR (jadi AKSARA SUNDA BUHUN lihat di manuscript AKSARA SUNDA Kuno 150 000 BC Garut, dan Bandung di TAMAN SARI AKSARA Kuno 150 000 -120 000 BC harus di IQRO kan menjadi pengetahuan sebagaiSASTRA DININGRAT/ KITAB JAGAT RAYA/ SASTRADIKUSUMAH RAHAYUNING BWANA, MANUSIA MENCARI SELAMAT DUNIA DAN AHERAT dengan HAKIKI ILAHI. INI ADALAH BUDAYA SUNDA, DUNIA Sunda JUTA TAHUN YANG LALU, nenek moyang kita MENCIPTAKAN BUDAYA DUNIA.
RAHAYU __/|\_

2 komentar:

zhoshienatra mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

kalo bisa ulasan sejarah kitab dan kerajaannya di mulai dari kerajaan pertama di nusantara. yaitu Salakanagara, Tarumanagara, dan Sunda.
Ada beberapa kitab kuno yg sampai saat ini tersimpan rapi dan tdk boleh diketahui halayak kecuali lingkungan kasepuhan. krn kalo di paparkan akan membuat heboh isi dunia. kitab tsb ada di (of the record) hanya utk saya pribadi. Jikapenulis blog ingin komunikasi lebih lanjut silahkan buka akun fb saya. salam ngahiji dunia

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blogroll

About

Blogger news